oleh

Waspada! Pemilih Luar Bakal ‘Dilibatkan’ Ikut Pilwako Manado

 

    Terry Umboh dan Ronny Makawata

MANADO, kanaal+news
Desas-desus salah satu pasangan calon (paslon) bakal menerapkan penggandaan pemilih dengan melibatkan warga luar Manado berhembus kencang.
Sekira 23.000 orang bakal didatangkan dan ikut mencoblos saat Pemilihan Walikota (Pilwako) Manado dengan cara menyiapkan kemudian memberikan KTP-E gratis menjelang pesta demokrasi jadi informasi teranyar.
“Isu yang sudah sering terhembus seperti menjelang pilwako tetap sudah harus diantisipasi dari masyarakat dan instansi penyelenggara pilkada, seperti pemilihan legislatif (pileg) 2019,” kata Pengamat Politik dan Pemerintahan Manado Terry Umboh, kemarin.
Dia pun mewanti-wanti, instansi terkait perlu mewaspadainya termasuk, sudah perlu dilacak sejak sekarang terhadap paslon tertentu yang besar kemungkinan gampang melakukannya.
Umboh pun meminta pihak terkait pembuat KTP-E tidak melalukan langkah ceroboh.
Ditanya dengan cara apa upaya penanggulangan, dia bertutur kalau sejak saat ini sampai mendekat pilkada sudah harus diawasi lokasi pembuatan KTP-E bersama materi-materinya.
“Semua menginginkan pilkada sukses lepas dari siapa yang dijagokan. Tapi tetap harus fair. Penggelembungan suara lewat pertambahan pemilih mendadak adalah tidak wajar,” terangnya. 
Sementara itu, anggota DPRD Manado Ronny Makawata SE menyampaikan, tindakan antisipasi seperti sudah harus dipikirkan, karena besar kemungkinan diperbuat.
Lanjutnya, instansi terkait perlu menjaga kenetralan tersebut dan kalau bisa membuat agenda khusus pengerjaannya kapan dengan tidak menjelang pelaksanaan hari pencoblosan di Pilkada 9 Desember mendatang.
“Kita wajib mencermati bersama,” kuncinya.(dkum)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed