oleh

Komisi IV Hearing Bersama Kemenag Manado

 


MANADO,kanaal+news
Komisi IV DPRD Manado mendapat banyak informasi terkait dana hibah Pemkot Manado bagi Madrasah Ibtidaiyah (MI) setara SD dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) setara SMP dari Kepala Kemenag Manado Irwan Musa SE MS yang hadir ditemani Kasubag TU Raymond Pietersz MTh dan Kasie Pendidikan Islam (Pendis) Usran Mantow SAg.
Menurut Musa, untuk biaya sekolah oleh Pemkot Manado sudah lama tidak ada ke (MI) dan MTs.
“Dengan ikut pertemuan bersama Komisi IV kami berharap untuk nantinya bisa ada hibah sekolah yang ditujukan ke siswa. Terlebih, bagi SD dan SMP,” katanya.
Apalagi dana BOSS sendiri untuk sekarang sudah tidak ada, karena langsung ditangani pusat.
Sementara itu, personil komisi Sonny Lela SSos menuturkan, sudah sewajarnya ada bantuan dana bersih dengan menjangkau sekolah agama milik semua baik swasta dan negeri.
“Ini juga akan menjadi konsultasi kami ke Kementerian Agama (Kemenag) RI sehingga jika nanti dapat dianggarkan. Dengan melihat pula payung hukum yang ada,” ujar Lela Politisi Golkar.
Tambahnya, pada periode lalu dari mereka sendiri pernah pula ke Kemenag namun diberikan hanya berupa lapangan sekolah saja.
Legislator Rosalita Y Manday turut menambahkan, jika hal ini tuntas, mereka akan memberi rekomendasi ke Pemkot sehingga bantuan tidak untuk fisik sekolah tapi warga yang hendak ikut belajar di tempat bermutu.
Dia mencontohkan, Madrasah Ibtidaiyah di Bailang saking banyak warga ingin masuk tapi terbentur kuota yg disiapkan dan harus gugur. 
Padahal, di tingkat pendidikan SMP itu bagian penting pembentukan karakter.
Srikandi PDIP ini mengakui, kalau keadaan tersebut sudah pernah ditanyakan ke Dinas Pendidikan, namun jawabannya tetap sama, yakni tak ada.
Terkait jika hasil konsultasi mereka di Kemenag RI mendapatkan hasil memuaskan, maka itu bisa saja dilakukan dengan bantuan APBD.
Tambahnya, madrasah itu merupakan aset daerah yang layak diperhatikan.
“Ini bakal membantu juga kan warga, karena bagaimana pun juga mereka adalah warga Manado sehingga layak diperhatikan,” ungkapnya. DKum

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed