oleh

“Tentara Langit” TNI-AU Samrat Manado, Berlatih Renang

 

Tampak prajurit dari Pangkalan Udara TNI AU Sam Ratulangi sedang Renmil.

MANADO,kanaal+news
Julukan bagi korps penerbang itu di TNI-AU akrab disebut tentara langit Pangkalan Udara TNI AU Sam Ratulangi Manado.

Persiapan renmil.

Terkini, mereka melaksanakan latihan air pula, bertempat di Kolam Renang Dodikjur Resimen Induk Kodam XIII/ Merdeka (Rindam), Tomohon, Sulut, Selasa (31/8/21).
Hal tersebut dikatakan Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo SH.
Menurutnya, latihan renang militer (Renmil) ini bertujuan agar prajurit TNI AU memiliki kemampuan renang militer disamping penguasaan dalam bidang kedirgantaraan.

Di samping, sebagai upaya agar prajurit TNI AU dapat survive, profesional dan militan dalam pergerakan di air.
“Hari ini, prajurit Lanudsri melaksanakan latihan renang militer menggunakan senjata dan helm militer. Selain untuk meningkatkan kemampuan survive di air, juga untuk meningkatkan profesionalisme dan militansi sebagai prajurit TNI secara umum dan TNI AU pada khususnya,” ujarnya kepada Penerangan Lanud Sam Ratulangi.


Lanjut dia, para prajurit pula dapat tetap memiliki kebugaran fisik, sehingga akan selalu siaga dan fokus dalam kegiatan kedinasan sehari-hari. Sisi positif lainnya adalah menghilangkan kepenatan terhadap rutinitas pekerjaan.
Komandan Lanud Sam Ratulangi pula menambahkan, bahwa latihan ini dilaksanakan dalam rangka mengaplikasikan perintah Kasau yakni meningkatkan kualitas SDM, atas seijin Pangkoopsau II dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Terpisah,
Sementara itu, Koordinator Latihan sekaligus Kasi Opslat Lanud Sam Ratulangi Letkol Lek Riki Husman menuturkan, latihan renang militer dapat memelihara kesehatan seluruh prajurit, meningkatkan kemampuan pergerakan senyap di air dan profesionalitas prajurit.
“Kegiatan ini untuk mengetahui dan menguji kemampuan ketangkasan renang setiap prajurit, untuk menjaga kondisi fisik dan memelihara kebugaran jasmani menuju profesionalisme prajurit Lanud Sam Ratulangi,” imbuhnya.
“Renmil dilaksanakan dengan jarak 50 meter dan dilaksanakan secara bertahap. Dengan menggunakan pakaian dinas lapangan dan mengenakan helm serta bersenjata”, sambung sang Letkol.
Diketahui, Danlanud telah memerintahkan agar direncanakan pula Latihan Menembak serta Latihan Pemadam Kebakaran di Lanud Sam Ratulangi, pertengahan September mendatang.
Secara umum kegiatan renmil kali ini, dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar dan tercapai indikator keberhasilan yang diharapkan.
Seluruh penyampaian, diteruskan Kepala Penerangan Lanud Sam Ratulangi Mayor (Sus) Sanra Michiko Moningkey dengan juru foto Serda Ridwan Ramadhan, video Letda Sus Agustinus Tangkidi dan Prada Adrianto Lantowa. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed