oleh

BNPB dan Satgas Covid-19 Terjunkan Ratusan Relawan, Kawal PON XX Papua

Saat pembekalan ke relawan di Kota Jayapura oleh BNPB Pusat dan Satgas Covid-19.

MANADO,kanaal+news
123 relawan sudah dibekali materi di penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang bakal berlangsung 2 sampai 15 Oktober.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-1 pun, turut menyiapkan relawan.
Mereka disiapkan menjelang kompetisi yang jumlahnya 37 cabang olahraga (cabor).
Perhatian akan kemungkinan muncul lonjakan bagian dari antisipasi itu.
Pasalnya, ribuan orang dipastikan terlibat di pentas nasional tersebut.
Rilis resmi BNPB, di pembukaan penyerahan tugas relawan di Kota Jayapura, Papua telah dilakukan, Jumat (24/9/21) di Kota Jayapura.
Deputi Bidang Pencegahan BNPB Dra Prasinta Dewi MAP didampingi
Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari PhD menyampaikan demikian.
Menurut Prasinta, keterlibatan pentaheliks, khususnya relawan adalah mendukung penguatan disiplin prokes di multi iven olehraga nasional itu.
“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan para relawan yang hadir di sini untuk mendukung penerapan protokol kesehatan dan mencegah bersama-sama potensi lonjakan kasus Covid-19 jelang PON XX ini,” ujar Prasinta.
Dia terangkan, tugas para relawan mencakup tiga hal, yakni untuk membagi masker kepada masyarakat umum, khususnya warga yang akan menyaksikan pertandingan olahraga di berbagai tempat penyelenggaraan PON.
Lanjut dia, sosialisasi penerapan prokes kemasyarakat guna mengurangi penyebaran virus Covid-19 selama penyelenggaraan PON dirasa perlu diadakan.
Dia merinci, relawan berasal dari sejumlah organisasi dan lembaga. Seperti, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBPI) Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah Disaster Management Center, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Radio Antar Penduduk Indonesia, Senkom, Badan Amil Zakat Nasional, Palang Merah Indonesia (PMI), BPBD Kota Jayapura, Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Cenderawasih dan Squad PBI.
Wilayah tugas mereka meliputi Kota Jayapura, sedangkan untuk wilayah lain, seperti Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika akan lebih banyak relawan dilibatkan.
“Sudah pula mendapatkan peningkatan kapasitas dalam rangka persiapan PON XX,” jelasnya.
Masih Prasinta, relawan akan bertugas di 6 gerai yang tersebar di tempat penyelenggaraan PON dan juga titik-titik yang berpotensi menimpulkan berkerumunan.
Sedangkan Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso Suryotomo, memandu kegiatan peningkatan kapasitas relawan yang akan bertugas di Kota Jayapura sendiri.
Di pemaparan, mereka mendapatkan dua materi utama, yaitu prokes dan pemanfaatan inaRISK.
Pertama, disampaikan narasumber dari Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Nasional. Kedua, pemanfaatan inaRISK untuk pelaporan dari BNPB.
“BNPB dan satgas pula, melatih relawan yang akan di tempatkan di Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika sejak Sabtu (25/9/21),” paparnya.
Diketahui, PON XX Papua dipertandingkan oleh 6442 atlet seluruh Indonesia. Tim pelatih berjumlah 3000 orang dengan tempat utama penyelenggaraan akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang berkapasitas 40.000 penonton. DKum

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *